Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Praktik Terbaik Untuk Mencegah Penipuan eCommerce


Dengan pecahnya pandemi virus corona, popularitas perdagangan online telah melonjak ke ketinggian yang fenomenal. Namun, ini juga memicu peningkatan jumlah insiden yang melibatkan penipuan e-commerce. Penelitian menunjukkan bahwa, pada tahun 2024, kemungkinan akan ada kerugian sebesar 2,4 juta USD yang diderita oleh pengecer e-commerce di seluruh dunia. ( Sumber ) Dan yang cukup mengkhawatirkan, perkembangan teknologi yang pesat juga belum cukup untuk mengabarkan penipuan e-commerce; penipu selalu berhasil dengan menggunakan teknologi dan alat canggih.

Sekarang lebih penting dari sebelumnya, untuk mengadopsi langkah-langkah proaktif jika perlu berkolaborasi dengan perusahaan pencegahan penipuan e - niaga , dan mengadopsi strategi yang tepat untuk mendeteksi dan mencegah penipuan e-niaga. Sehubungan dengan ini, penerapan praktik terbaik industri juga dapat membantu memastikan keamanan pelanggan dan pedagang e-niaga.

Mari kita cari tahu 6 dari praktik terbaik ini yang bisa efektif ketika diterapkan baik secara individu atau bersama dengan tanda-tanda perilaku lainnya.

1. Hubungkan Elemen Identitas dengan Sinyal Penipuan yang terdaftar

Bendera merah individu tidak cukup untuk mengkonfirmasi kegiatan penipuan. Untuk membangun kepercayaan identitas, sangat penting untuk menemukan dan menghubungkan semua elemen identitas dari sinyal penipuan yang sudah diketahui. Jaringan data yang kuat dapat sangat membantu analis penipuan dalam kasus ini. Ini karena jaringan yang lebih luas dan lebih kuat yang mendukung ratusan dan miliaran interaksi e-commerce memberikan akurasi lebih kepada analis dalam menilai apakah pembelian tertentu mencurigakan atau sah.

2. Menerapkan Otentikasi Berbasis Risiko atau Step-up

Ketika datang untuk menerapkan otentikasi step-up atau otentikasi berbasis risiko, bank penerbit menerapkan langkah-langkah pemeriksaan di berbagai tingkat untuk validasi. Ini murni berdasarkan tingkat risiko yang ditimbulkan oleh interaksi tertentu. Jadi, jika tingkat risikonya dianggap lebih tinggi, maka otomatis proses verifikasi akan lebih ketat. Interaksi yang tampaknya memiliki kemungkinan penipuan yang lebih tinggi, ditantang oleh sistem otentikasi yang ditingkatkan seperti itu.

Mengamanatkan penggunaan kata sandi yang kuat yang mematuhi aturan yang berbeda, juga dapat membantu mengurangi potensi penipuan. Tapi ini saja tidak cukup untuk menjamin keamanan di platform e-commerce.

3. Berinvestasi dalam Aplikasi Pencegahan Penipuan AI

Sistem pencegahan penipuan yang sangat canggih menerapkan Kecerdasan Buatan dan Pembelajaran Mesin, untuk secara akurat mensimulasikan kemampuan analis pendeteksi penipuan yang berpengalaman. Dan dengan bantuan ML, AI juga dapat mempertimbangkan risiko yang terlibat dalam penipuan, merasakan potensi serangan penipuan, dan mendasarkan keputusan analitis dari data historis.

Hal terbaik tentang sistem pencegahan penipuan AI adalah bahwa mereka biasanya sangat akurat, tepat waktu, dan tidak memiliki kesalahan manusia. AI sangat skalabel dan juga lebih cepat dalam mengukur nilai pelanggan terhadap risiko penipuan. Berbekal pencegahan penipuan AI, bisnis dapat menikmati lebih banyak otoritas atas hasil bisnis mereka, meminimalkan upaya manusia, dan menerima pesanan dalam skala yang jauh lebih besar.

4. Menerapkan Sistem Verifikasi Alamat

Address Verification Services (AVS) adalah cara yang brilian untuk membangun kepercayaan pada pelanggan. Melalui AVS, ketika pelanggan mengirimkan alamat, itu diverifikasi terhadap alamat yang diketahui yang diajukan oleh pelanggan yang ada di database bank mereka. Berdasarkan hasil pencocokan, bank mengembalikan kode tertentu ke bisnis e-commerce. Misalnya, jika nomor rumah yang dimasukkan oleh pelanggan gagal untuk mencocokkan kode ZIP tertentu, sistem AVS mengembalikan kode yang sesuai yang menunjukkan kondisi tersebut. Berdasarkan itu, bisnis dapat memilih untuk menolak, menerima, atau menandai transaksi individu, sehingga mengurangi kemungkinan penipuan.

5. Patuhi Standar PCI

Standar yang ditetapkan oleh Industri Kartu Pembayaran membantu melindungi penjual online dan pelanggan mereka dari penipuan. Adalah wajib bagi platform e-niaga untuk mematuhi protokol ini, dan organisasi pemrosesan pembayaran utama mematuhinya.

6. Menegakkan Peraturan untuk Kode Keamanan Kartu

Salah satu penipuan e-commerce yang sangat umum adalah transaksi tanpa kartu saat pelanggan berbelanja online menggunakan aplikasi seluler atau melalui telepon, di mana mereka tidak diharuskan menunjukkan kartu mereka untuk pembelian. Dalam transaksi tersebut, tidak ada cara untuk memverifikasi validitas identitas pemegang kartu, yang meningkatkan risiko penipuan. Menerapkan kode keamanan kartu untuk validasi dapat mengurangi kemungkinan transaksi penipuan.

Posting Komentar untuk "6 Praktik Terbaik Untuk Mencegah Penipuan eCommerce"