Cara Memperkuat Identitas Merek: 4 Strategi Mudah

DIDINMIX.MY.ID | Cara Memperkuat Identitas Merek: 4 Strategi Mudah

Cara Memperkuat Identitas Merek: 4 Strategi Mudah

Cara Memperkuat Identitas Merek: 4 Strategi Mudah


Apa Itu Identitas Merek?

Identitas merek adalah fondasi yang terlihat yang ditampilkan bisnis kepada pelanggan dan audiens targetnya untuk membuat mereknya dikenal. Identitas merek Anda mungkin mencakup beberapa hal, seperti:

  • sebuah pesan,
  • logo yang menarik,
  • nilai bisnis Anda, atau
  • bagaimana Anda mengkomunikasikan layanan dan produk Anda kepada konsumen Anda.

Jangan bingung identitas merek Anda dengan citra merek, atau aset merek Anda. Citra merek atau aset merek Anda adalah bagaimana orang memandang merek Anda berdasarkan tindakan dan kualitas produk Anda.

Misalnya, jaringan supermarket Woolworths dapat diidentifikasi dengan beberapa cara berbeda. Ini telah memantapkan dirinya sebagai merek yang mudah diingat melalui logonya yang terkenal (apel hijau), iklan duta merek yang tulus, dan jingle yang menarik, “Woolworths, the fresh food people”. Woolworths menambah identitas mereknya dengan menarik pelanggannya melalui hubungan emosional.

Apa Manfaat Membangun Identitas Merek yang Kuat?

Membangun dan meningkatkan identitas merek Anda dapat memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda, termasuk:

  • Meningkatkan pelanggan potensial
  • Meningkatkan pengenalan merek
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Meningkatkan loyalitas pelanggan
  • Membuat merek Anda menonjol dari keramaian

Identitas merek Anda adalah yang pertama kali menarik pelanggan ke bisnis Anda, jadi sangat penting untuk membangun identitas yang menarik orang.

Coca-Cola adalah salah satu merek paling terkenal di dunia dan mudah dikenali dari logo merek dagangnya. Logonya sedikit berubah sejak pabriknya membuka pabriknya pada tahun 1887. Tetapi bahkan orang yang tidak mengonsumsi minuman ini dapat mengenali apa itu berkat brandingnya yang konsisten.

Menciptakan identitas merek yang kuat telah membantu Coca-Cola menjadi minuman berkafein paling terkenal di Australia dan di seluruh dunia.

4 Strategi Mudah Untuk Meningkatkan Identitas Merek

Memperkuat identitas merek Anda sangat penting untuk keberhasilan dan pertumbuhan bisnis Anda. Ketika konsumen mengenali merek Anda, kemungkinan besar mereka akan mengunjungi Anda lagi saat berikutnya mereka membutuhkan produk yang sama atau serupa.

Berikut adalah empat strategi pemasaran yang mudah diterapkan untuk meningkatkan identitas merek Anda:

1. Gunakan Warna Yang Menarik Bagi Audiens Anda

Pengenalan merek Anda dapat ditingkatkan hingga 80% jika Anda mengaitkan merek Anda dengan "warna yang tepat". Ini berarti konsisten dengan warna dalam logo, produk, dan materi iklan dan pemasaran Anda.

Ketika pelanggan dapat dengan mudah mengidentifikasi bisnis Anda dengan warnanya, Anda telah berhasil memperkuat identitas merek Anda.

2. Gunakan Media Sosial Untuk Keuntungan Anda

Dibutuhkan rata-rata 5 hingga 7 tayangan agar orang mengingat merek Anda. Pertimbangkan untuk memanfaatkan media sosial dan mengembangkan strategi pemasaran digital agar identitas merek Anda lebih sering dilihat oleh lebih banyak orang.

Mempresentasikan merek Anda secara konsisten di berbagai platform media sosial dapat membantu orang mengidentifikasi merek Anda dengan lebih mudah.

3. Gunakan Suara Merek yang Konsisten Dan Otentik

Salah satu strategi pengenalan merek terbaik adalah menggunakan nada suara yang konsisten dan otentik untuk:

  • Menarik pelanggan potensial sambil mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dan
  • Untuk membangun identitas merek yang kuat dan sukses.

Suara merek Anda harus selaras dengan nilai bisnis Anda dan membantu membedakan Anda dari pesaing Anda.

Apakah suara Anda mendidik, simpatik, menyenangkan, atau menarik? Suara merek menunjukkan kepribadiannya dan sangat penting untuk memperkuat identitas merek, citra merek, dan kesadaran merek.

Nike, misalnya, memiliki suara yang percaya diri. Identitas mereknya sangat bergantung pada kepercayaan diri dan ketegasan untuk tampil di semua kampanye pemasarannya.

4. Gunakan Produk Promosi yang Berfokus pada Konsumen

Sama seperti suara merek, produk promosi membawa kepribadian pada identitas Anda.

Anda dapat memandu identitas merek Anda ke arah yang benar dengan produk promosi berkualitas tinggi yang dipersonalisasi untuk pelanggan dan klien Anda.

Saat dicetak dengan logo bisnis Anda sendiri, warna merek, atau slogan atau pesan yang berhubungan dengan bisnis Anda, barang promosi dapat secara efektif mempromosikan identitas merek Anda ke khalayak yang lebih luas.

Mengapa Identitas Merek Penting?

Mengembangkan identitas merek yang diingat konsumen Anda karena alasan positif akan mencapai hasil yang lebih besar dalam tujuan bisnis Anda. Meskipun sebuah merek lebih dari sekadar identitasnya, strategi identitas merek yang praktis dan berpikiran maju akan menarik pelanggan ke merek Anda sejak awal. Sisanya terserah teknik penjualan Anda.

Saat mempertimbangkan dan menetapkan strategi dan pemosisian merek Anda, pastikan identitas merek Anda menarik bagi audiens target Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari bisnis Anda.

Menerapkan identitas merek yang solid dan konsisten dapat memperkuat kehadiran merek Anda di tempat yang mungkin sudah menjadi pasar yang kompetitif.

Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!