Ingin Berinvestasi Emas? Anda Harus Tahu Beberapa Manfaat Ini -->

Advertisement

Advertisement

Ingin Berinvestasi Emas? Anda Harus Tahu Beberapa Manfaat Ini

DIDIN MIX
Selasa, 22 Februari 2022

 Saat Anda masih muda, adalah bijaksana untuk berinvestasi dengan cepat. Karena berinvestasi menawarkan banyak keuntungan, mulai dari apresiasi kekayaan hingga stabilitas keuangan. Untuk memulai, pilih produk investasi sederhana, seperti emas. Logam mulia, perhiasan emas, emas batangan, dan voucher emas semuanya merupakan pilihan investasi yang layak (emas digital). Apa keuntungan berinvestasi emas sejak dini? Ini dia secara keseluruhan.

Nilai nominal investasinya cukup solid.

Emas merupakan alat investasi tradisional yang masih banyak diminati hingga saat ini karena nilai nominalnya yang relatif konstan. Harga emas biasanya terus naik setiap tahun sesuai dengan struktur pasar yang mapan dan lebih tahan terhadap perubahan inflasi. Meskipun terkadang menurun, namun tetap dalam kisaran normal dan dapat diterima. Akibatnya, berinvestasi dalam instrumen ini memastikan bahwa Anda tidak akan kehilangan uang. Berbeda dengan saham yang nilainya sangat bervariasi sesuai dengan kondisi pasar.

Investasi Emas Tidak Memerlukan Modal Selangit

Anda tidak perlu berinvestasi banyak untuk logam mulia ini. Singkirkan gagasan bahwa berinvestasi membutuhkan uang dalam jumlah besar. Karena emas dijual dengan harga mulai sekitar Rp. 600 ribu per gram. Hal ini tentunya sangat praktis dan cocok untuk investor muda, mulai dari pelajar atau mahasiswa yang sangat tertarik untuk berinvestasi di usia muda.

Anda hanya perlu menyesuaikan kemampuan finansial Anda dengan jumlah emas yang ingin Anda beli untuk keperluan investasi. Kuncinya adalah menyisihkan beberapa persen dari pendapatan bulanan Anda untuk membeli emas. Keunggulan instrumen investasi ini antara lain risiko rendah dan biaya yang wajar.


Investasi emas seringkali mudah dilikuidasi.

Jika Anda membutuhkan uang untuk keperluan mendesak, seperti pengobatan, pembelian, atau modal perusahaan, Anda tidak perlu takut, karena aset emas seringkali mudah dilikuidasi. Anda hanya perlu menjualnya di toko emas atau pegadaian jika harganya naik untuk menutupi investasi Anda.

Tak hanya itu, emas juga bisa digunakan saat terjadi krisis moneter sebagai pengganti uang. Karena emas digunakan sebagai alat perdagangan sebelum penciptaan mata uang legal.

Investasi Emas Tidak Sesuai Kebijakan Pemerintah

Tindakan pemerintah memiliki pengaruh langsung yang kecil terhadap harga emas, karena biasanya mengikuti kondisi pasar. Namun, jika mata uang rupiah tidak stabil, harga emas bisa turun meski nilai nominalnya masih bisa diterima. Selain itu, tidak ada pajak yang terkait dengan investasi emas, baik saat membeli atau menjualnya. Dengan demikian, keuntungan yang diperoleh dengan berinvestasi emas benar-benar ilusi.
5. Mudah diakses melalui platform digital
Anak muda seringkali lebih menyukai barang-barang praktis. Memang, banyak organisasi sekarang menyediakan peluang investasi emas online. Dengan tambahan kemudahan ini, membeli emas di usia muda menjadi jauh lebih menarik.

Dengan kelima manfaat yang tertera di atas, apakah Anda masih ragu untuk berinvestasi emas? Mulailah dengan investasi nominal sederhana untuk membiasakan diri dengan investasi.

close